Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komitmen kerja dan iklim kerja terhadap kinerja kepala SMK Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru. Penelitian dilakukan dengan survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru dari 3 sekolah yang berjumlah 158 orang guru. Menggunakan rumus Slovin didapat 113 orang guru sebagai sampel
penelitian, 30 orang guru sebagai sample uji coba di luar sampel sesungguhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif: 1) komitmen kerja terhadap kinerja kepala sekolah 2) iklim kerja terhadap kinerja kepala sekolah, dan 3) komitmen kerja terhadap iklim kerja. Untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus
Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kinerja kepala sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,940, komitmen kerja memiliki reliabilitas rii= 0,961, dan iklim kerja memiliki reliabilitas rii = 0,956.
Besarnya pengaruh diukur dengan path analysis. Hasilnya adalah : 1) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan komitmen kerja (X1) terhadap kinerja kepala sekolah (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X ˆ= 48,373+0,644X1, koefisien korelasi r13= 0,676 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 p31 =0,46 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan iklim kerja (X2) terhadap kinerja kepala sekolah (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X ˆ= 57,025 + 0,567X2 koefisien korelasi r23 =
0,633, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,35, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan langsung yang signifikan komitmen kerja (X1) terhadap iklim kerja (X2) memperoleh persamaan regresi 2 X ˆ= 44,389 + 0,663X1, koefisien korelasi r12 = 0,624 dengan koefisien pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap iklim kerja p21 = 0,62 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penilitian diharapkan bermanfaat bagi organisasi pendidikan.
Khususnya untuk Kinerja Kepala SMK Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru. Saran yang dapat diberikan adalah; (1) perlu dilakukan peningkatan kinerja kepala sekolah melalui komitmen kerja, (2) perlu pembinaan secara rutin terhadap iklim kerja, (3) perlu peningkatan kinerja kepala sekolah melalui pelatihan, pendidikan, dan (4) perlu dilanjutkan penelitian tentang studi kinerja kepala sekolah melalui
penelitian lain.
|