Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Human Relation (X1) dan Sarana Pembelajaran (X2) terhadap Kinerja guru (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Human Relation terhadap Kinerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Sarana Pembelajaran terhadap Kinerja Guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif Human Relation terhadap Sarana Pembelajaran. Populasi yang terbagi ke dalam 3 sekolah, dengan teknik random sampling, terdiri dari 187 guru. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 129 orang sebagai sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode survey, instrumen dengan menggunakan skala model Likert. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Galat Taksiran (liliefors) dan uji homogenitas varians. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur. Hasil peneitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Karismatik kepala sekolah (X1) terhadap Etos kerja guru (X3) dengan persamaan regresi = 9,033 + 0,888 X1, koefisien korelasi 0,600 dan koefiisen jalur p31 = 0,391 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r 2 13 =0,360. Kedua terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja (X2) terhadap etos kerja guru (X3), dengan persamaan regresi = 18,207 + 0,790 X2 koefisien korelasi 0,585 dan koefisien jalur p32 = 0,357 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 23 = 0,343. Ketiga terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Karismatik kepala sekolah (X1) terhadap iklim kerja (X2), dengan persamaan regresi = 59,672 + 0,550 X1, koefisien korelasi 0,582 dan koefisien jalur p21 = 0,582 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 12 = 0,252.