Tesis ini bertujuan untuk mengathui manajemen peningkatan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian Evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di MA. Aziziyyah Ciledug Tangerang, pengumpulan data dilakukan dnegan dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, menganalisa, dan mengidentifikasi problematika manajemen peningkatan mutu Pendidikan kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mecari pola-pola hubungan, menemukan apa yang
dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesari dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahsawanya: (1) Penerapan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu strategi peningkatan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang tidak terlepas dari peran kepala madrasah baik sebagai educator, manajer, administrator, leader, supervisor, wirausaha, yang didalamnya terdapat kemampuan manajerial meliputi: perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, pengawasan dan penilaian terhadap tenaga kependidikan, (2) hasil penerapa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu strategi peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Aziziyyah belum sepenuhnya efektif, oleh karena itu peran pemerintah, khususnya Kementerian Agama dan kepala madrasah sebagai political will perlu dimaksimalkan (3) faktor utama kurang maksimalnya pencapaian penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai strategi peningkatan mutu Pendidikan di MA. Aziziyyah, disebabkan oleh keterbatasan sumberdaya manusia Pendidikan, dana, dan fasilitas Pendidikan. Dengan kondisi tersebut maka perlu adanya strategi peningkatan mutu sekolah dalam mata pelajaran TIK.
|