Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, meliputi pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara berstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana pendidikan meliputi perencanaan sarana pendidikan, pengadaan sarana pendidikan, penyimpanan sarana pendidikan, pemeliharaan sarana pendidikan, penggunaan sarana pendidikan dan penghapusan sarana pendidikan. Diharapkan dalam manajemen sarana pendidikan harus sesuai tahapan-tahapan pengelolaan mulai dari tahapan perencanaan sampai dengan penghapusan. Sebab, jika manajemen sarana pendidikan dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan, pengelolaan sarana pendidikan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.