ABSTRAK SUPRIANSYAH : Hubungan Antara kualitas pengelolaan pembelajaran jarak jauh dan kemandirian mahasiswa dengan penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi pada mahasiswa pendidikan jarak jauh S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualaitas pengelolaan pembelajaran jarak jauh dan kemandirian mahasiswa dengan penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi di PJJ S1 PGSD FKIP UHAMKA. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat hubungan antara kualitas pengelolaan pembelajaran jarak jauh dengan penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi pada mahasiswa PJJ S1 PGSD FKIP UHAMKA, (2) Terdapat hubungan antara kemandirian dengan penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi pada mahasiswa PJJ S1 PGSD FKIP UHAMKA, (3) terdapat hubungan antara kualitas pengelolaan pembelajaran jarak jauh dan kemandirian mahasiswa dengan penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi pada mahasiswa PJJ S1 PGSD FKIP UHAMKA Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif korelasional yang mengambil tempat penelitian hanya satu tempat penelitian yaitu unit pendidikan jarak jauh S1 PGSD FKIP UHAMKA Jakarta. Populasinya adalah mahasiswa pendidikan jarak jauh sebanyak 184 mahasiswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 65 orang berdasarkan rumus Slovin. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survey dengan tingkat eksplanasinya asosiatif (hubungan) dengan jenis data dan analisisnya secara kuantitatif dengan tujuan penelitian mencari hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan isntrumen tes dan non tes yaitu angket dengan bentuk skala likert. Ketiga instrumen tersebut terlebih dahulu diujicobakan kepada responden yang tidak termasuk kedalam sampel penelitian. Hasil uji coba instrumen pada mahasiswa pandeglang dan sukabumi hasil (1) instrument kualitas pengelolaan pembelajaran jarak jauh reliabiltasnya Alpha = 0,7 (2) Instrumen kemadirian mahasiswa hasil reliabilitasnya Alpha = 0,71 dan (3) Instrumen penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi hasil reliabilitasnya Alpha = 0,95. dimana semua hasil ujicoba instrumen ini hasil reliabilitasnya lebih dari 0,5. Hasil peneltian menyimpulkan : pertama, terdapat hubungan antara X1 dengan Y dengan koefisen korelasi ry1.2 = 0,277 > rt = 0,250, Kedua terdapat hubungan antara X2 dengan Y dengan koefisen korelasi ry2.1 = 0,371 > rt = 0,250. Ketiga terdapat hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y dengan hasil persamaan garis regresi ? = 53,259 + 0,199b1 + 0,241b2 dan koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,480, Freg = 9,299 > Ft = 3,14 dan koefisen determinasi R2 = 0,231 x 100 = 23%, Implikasi dari hasil penelitian ini ialah (1) penguasaan teknologi, informasi juga tidak bisa hanya dikuasai secara otodidak namun perlu adanya pelatihan secara intensif untuk menguasai semua hal yang berkaitan dengan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.(2) bahwa penguasaan akan teknologi, informasi dan komunikasi dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pengelolaan pembelajaran dan kemandirian mahasiswa, sehingga dapat dijelaskan dan mendapat tingkat kepuasan dalam menentukan analisis data yang dapat ditafsirkan hubungannya. (3) Secara praktis hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk pengelola pendidikan jarak jauh S1 PGSD FKIP UHAMKA dalam meningkatkan penguasaan terhadap teknologi, informasi dan komunikasi.
|