Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk menilai fenomena yang terjadi di TK Negeri Pembina III Kota Tangerang Selatan terkait dengan aktivitas perencanaan dan pelaksanaan supervise akademik di lapangan, baik berupa konsep dan implementasi manajemen, maupun strategi supervisi yang dilakukan oleh Kepala TK Negeri Pembina III Kota Tangerang Selatan, dalam upaya meningkatkan pengelolaan sekolah dan
profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi kegiatan, dan observasi dokumen. Wawancara mendalam dilakukan kepada kepala sekolah, guru, dan guru pendamping TK Negeri Pembina III Kota Tangerang Selatan. Obervasi kegiatan dilakukan pada saat kepala sekolah melakukan supervise akademik. Sedangkan dokumen yang diobservasi dibatasi dokumen tahun 2015 – 2019. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kepala sekolah telah berperan aktif dalam penyusunan program kerja sekolah termasuk perencanaan supervise
akademik; (2) pelaksanaan supervise akademik telah dijadwalkan sedemikian rupa berupa kunjungan kelas; (3) penilaian supervise belum menggunakan instrument standar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sehingga belum dapat menyajikan nilai kompetensi masing-masing guru sebagaimana diamanatkan dalam standar supervise; (4) tindak lanjut hasil supervise akademik tidak terdokumentasi dengan baik. Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan rekomendasi kepada kepala sekolah
yaitu: (1) menyusun program tahunan yang melibatkan seluruh tenaga pendidik dengan pendampingan kepala sekolah; (2) melakukan supervise akademik sesuai standar yang telah ditetapkan; (3) menganalisis hasil penilain supervise dan menetapkan rencana tindaklanjutnya; (4) membuat risalah rapat atau notulensi yang berisi keputusan-keputusan
hasil rapat dan ditetapkan personel yang akan melakukan tindak lanjut hasil rapat. Dalam setiap rapat agar dibuat daftar hadir dan ditulis juga judul rapat yang diadakan.
|