Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran Kelompok Sebaya Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/AIDS Siswa MAN 2 Cipondoh Tangerang 2019. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan responden adalah siswa-siswi kelas XI dari MAN 2 Cipondoh Tangerang 2019 sejumlah 30 responden kontrol dan 30 responden eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kelompok Sebaya dapat meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS siswa dengan p-value = 0,000 ( 0,000 < 0,05 ) Begitu juga metode ceramah konvensional dapat meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS siswa dengan p-value = 0,000 ( 0,000 < 0,05 ) . Perubahan sikap yang baik terhadap penderita HIV/AIDS juga terjadi pada siswa yang diberi pendidikan dengan metode Pembelajaran Kelompok Sebaya maupun metode ceramah . Hal ini ditunjukkan dengan p- value = 0,000 pada kelompok eksperimen dan 0,003 pada kontrol .Hal ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Kelompok Sebaya lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS.