Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap pelaksanaan
kurikulum 2013, dengan menggunakan metode kualitatif dan model CIPP
(Context, Input, Process, product): Studi Kualitatif pada Sekolah Muhammadiyah 09 Plus Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah riset evaluasi yaitu suatu metode yang menggunakan angka-angka, keterangan tertulis, informasi lisan dan beragam fakta untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan masalah evaluasi terhadap
pelaksanaan kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan studi
dokumentasi, wawancara, observasi, wawancara dilakukan kepada kepala sekolah Sekolah Dasar Muhammadiyah 09 Plus, Staf Kurikulum, Staf Sarana prasarana dan Guru Kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konteks dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 09 Plus sudah jelas visi, misi dan tujuannya. Input dalam pelaksanaan kurikulum 2013 masih kurang terkontrol dengan baik, hal ini terlihat dari input guru dan karyawan masih banyak yang bekerja tidak sesuai dengan profesinya. Sebagian guru yang menjadi guru kelas tidak berasal dari lulusan PGSD melainkan berasal dari lulusan satu bidang studi. Proses pelaksanaan kurikulum 2013 sudah baik karena sudah sesuai dengan prosedur kurikulum yang ditetapkan oleh pemeritah. Prodak dalam implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 09 Plus di bidang akademik sudah baik, di bidang non akademik belum ada. Diharapkan bagi institusi lebih memperhatikan lagi dalam proses perekrutan guru agar calon guru yang akan dipakai benar-benar sesuai dengan keprofesiannya agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara maksimal. Disamping itu
diharapkan institusi terus memberikan pembekalan dan pelatihan kepada semua guru agar dapat menerapkan kurikulum 2013 secara benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemeritah.
|