Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program BBQ (Bimbingan Belajar Qur’an) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Abidin Depok. Metode yang digunakan adalah metode evaluatif kualitatif, sedangkan evaluasi dilakukan dalam proses belajar mengajar. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, kepala divisi Qur’an, kepala bidang kesiswaan, guru Qur’an, dan ketua Komite Sekolah. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Konteks: berdasarkan hasil studi dokumen, wawancara, dan kuisioner diperoleh data bahwa SDIT Darul Abidin memiliki dokumen yang cukup lengkap, baik dokumen yang berupa kebijakan pemerintah tentang pendidikan, dokumen ijin operasional sekolah serta dokumen administrasi lain yang diperlukan oleh suatu lembaga pendidikan, 2. Input: evaluasi yang dilakukan pada aspek input dalam kegiatan program Bimbingan Belajar Qur’an dinilai sudah cukup baik. Komponen yang dinilai adalah daya dukung orang tua, pembiayaan, dan peran aktif siswa serta guru. Komponen yang masih perlu ditingkatkan adalah sarana tempat belajar yang kondusif agar siswa bisa lebih fokus saat belajar, 3. Proses: evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan program Bimbingan Belajar Qur’an dalam aspek proses dinilai sangat baik karena setiap tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, supervisi, dan evalausi dilakukan dengan baik dan terencana, 4. Produk: evaluasi yang dilakukan dalam tahap produk dinilai sudah baik karena siswa memiliki prestasi baik dalam hal akademik maupun non akademik. Hal itu dibuktikan dari perlombaan yang diikuti dan dimenangkan oleh siswa-siswi SDIT Darul Abidin. Selain itu, penilaian dalam aspek produk program Bimbingan Belajar Qur’an adalah tes yang dilakukan kepada siswa kelas 6 dalam ujian praktek yang diselenggarakan oleh sekolah dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi yang terlihat dari perolehan nilai yang ada. Evaluasi Program