Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, 2) tingkat peran komite sekolah sebagai pendukung 3) tingkat peran komite sekolah sebagai pengontrol dan 4) tingkat peran komite sekolah sebagai mediator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 41 Jakarta.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi
kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara yang mendalam,
observasi, dan studi dokumentasi dengan informan sebagai berikut : Komite sekolah, Kepala sekolah, guru, pengawas, orang tua siswa SMK Negeri 41 Jakarta. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan komite telah mengacu pada ketentuan peraturan perundangan dan melibatkan unsur dewan guru, masyarakat, pemerintah dan kalangan dunia usaha dan industri. Peran komite sekolah yang menonjol
terkait dengan pemberian pertimbangan dan dukungan, sedangkan peran komite sebagai pengontrol masih terbatas dalam penggunaan anggaran sekolah dan kurang menyentuh pada masalah akademik dan evaluasi kinerja sekolah. Begitu juga peran mediasi didukung oleh stakeholder, mengingat SMK melakukan kerjasama dengan banyak unsur. Komite sekolah sebagi organisasi independen sangat membantu mewujudkan pendidikan yang bermutu di SMK Negeri 41 Jakarta.
|