Abstrak  Kembali
ABSTRAK Mujaeni. ?Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan? Tesis. Jakarta : Program Pasca Sarjana Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2012. Penelitian ini memfokuskan pada (1) Evaluasi konteks dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, (2) Evaluasi input dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, (3) Evaluasi Proses dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, (4) Evaluasi Produk dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi context, input, process dan product (CIPP) dan metode penelitian yang digunakan adalah Pengamatan Lapangan, Wawancara Mendalam, dan Studi Dokumentasi, yang berlokasi di MTs Annajah Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Penelitian berlangsung dari tanggal 10 Februari 2012 sampai dengan 30 Mei 2012. Responden penelitian terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 2 orang wakil kepala sekolah, 1 orang direktur pendidikan, 5 orang tenaga pendidik, 1 orang pengawas,1 orang tenaga tata usaha, 1 orang penjaga sekolah, 1 orang komite sekolah, 2 orang tua murid, dan 6 orang peserta didik. Alat yang digunakan adalah pedoman wawancara, tape recorder, alat tulis, chech list, kamera, dan handycam. Data yang diperoleh dinalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil evaluasi terhadap konteks Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Annajah menunjukkan bahwa secara umum MTs Annajah telah mengakomodir nilai - nilai dan harapan masyarakat sekitar sekolah ke dalam rumusan visi, misi, dan tujuan program pendidikan dari perencanaan program - program sekolah sampai pelaksanaan dari program sekolah tersebut dengan melibatkan semua pemangku kepentingan juga partisipasi dan peran serta masyarakat. (2) Hasil evaluasi terhadap input Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Annajah menunjukkan bahwa MTs Annajah sudah melakukan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan sesuai kualifikasi dan petunjuk teknis, begitu pula dengan penerimaan atau perekrutan sumber daya manusia baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan serta pengadaan sarana dan prasarana sudah sesuai dengan kualifikasi dan standar. (3) Hasil evaluasi terhadap proses Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah menunjukkan masih terdapat beberapa tenaga pendidik yang belum menerapkan pembelajaran aktif, inovatif, kretaif, efektif dan menyenangkan. Hal tersebut terlihat dari masih terdapatnya tenaga pendidik yang hanya menerapkan satu metode pembelajaran dengan menggunakan dan pemanfaatan sumber belajar yang terbatas pula. Sehingga hasil atau mutu pendidikan belum dicapai secara merata, hanya peserta didik dan tenaga pendidik yang memiliki prestasi dan kualitas yang tinggi yang mengalami peningkatan dalam pendidikannya. Meskipun tenaga pendidik sudah menyusun rencana program pembelajaran dan silabus sesuai dengan standar isi dan standar proses, sarana prasarana sudah di atas standar sarana prasarana yang berlaku secara nasional. (4) Hasil evaluasi terhadap produk Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Annajah menunjukkan keberhasilan yang cukup signifikan, dimana sesudah Manajemen Berbasis Sekolah dilaksanakan dan terus dikembangkan, prestasi akademik dan non akademik mengalami peningkatan. Angka Kelulusan selalu mencapai seratus persen, peserta didik yang melanjutkan pendidikannya ke sekolah - sekolah unggulan mengalami peningkatan, keikutsertaan dan prestasi pada perlombaan - perlombaan ekstrakurikuler juga mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah akan meningkatkan mutu pendidikan dan evaluasi CIPP dapat digunakan untuk mengetahui kendala serta rencana pemecahan masalah dari suatu program.