Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) dan motivasi berprestasi guru (X2) secara parsial dan secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y). Hipotesis penelitian: terdapat hubungan positif antara variabel penelitian, baik secara parsial dan maupun bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi target adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan yang berjumlah 280 orang dan jumlah sampel 165 orang diambil secara random sampling. Uji instrumen penelitian, didasarkan pada validitas isi menggunakan Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen penelitian dapat diandalkan sebagai alat ukur untuk analisis korelasi dan regresi. Disimpulkan terdapat hubungan positip yang signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru dengan koefisien korelasi = 0,437, terdapat hubungan positip yang signifikan antara motivasi berprestasi guru dan kinerja guru dengan koefisien korelasi = 0,620, serta terdapat hubungan positip yang signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru dan koefisien korelasi = 0,666 dengan koefisien determinasi = 0,443 (44,3%) dan sisanya sebesar 55,7% ditentukan faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan pembelajaran melalui peningkatan kinerja guru, motivasi berprestasi guru dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.