Abstrak  Kembali
Analisis karakteristik pasien terhadap mutu layanan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Madjid Batoe Batang Hari Jambi. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Tesis ini bertujuan untuk menilai mutu layanan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Madjid Batoe Batang Hari Jambi. Ruangan yang di jadikan sampel penelitian ini antara lain ruang penyakit dalam, ruang kebidanan dan ruang bedah dipilih secara purposive sampling. Metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan metode cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan terhadap 40 sampel di ruang penyakit dalam, 33 sampel di ruang kebidanan dan 27 sampel di ruang bedah. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Adanya kesenjangan yang signifikan keadaan saat ini terhadap mute layanan yang diberikan pada semua dimensi mutu pelayanan. (2) Adanya hubungan karakteristik umur dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu layanan. (3). Adanya hubungan karakteristik jenis kelamin dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu layanan. (4) Adanya hubungan karakteristik pendidikan dengan mutu layanan. (5) Adanya hubungan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu layanan. (6) Adanya hubungan karakteristik pendapatan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu layanan. (7) Adanya hubungan karakteristik jenis pembayaran dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu layanan. Melakukan evaluasi kinerja dan pemantauan keluhan serta kepuasan pelanggan dalam meningkatkan kepuasan pasien sangat di perlukan guna meningkatkan peran pihak manajemen rumah sakit dalam upaya peningkatan kemampuan petugas melalui pendidikan dan pelatihan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.