Abstrak  Kembali
ABSTRAK Yustinus Imam Santoso - Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2010. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang ada tidaknya, kuat lemahnya: 1) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim kerja, 2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, dan 3) pengaruh iklim kerja terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung yang berjumlah 941 orang. Untuk sampel penelitian ditetapkan berdasarkan ketentuan dari Isaac dan Michael maka didapat sebanyak 126 orang dan digunakan teknik acak proporsional. Sedangkan untuk sampel uji coba ditetapkan 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data setiap variabel adalah model skala Likert dengan 5 opsi, untuk validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan untuk tingkat reliabilitas diuji dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan analisis jalur. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilaksanakan uji persyaratan analisis yaitu uji kenormalan menggunakan rumus Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan rumus Liliefors, dan uji linearitas regresi menggunakan rumus regresi sederhana. Gaya kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh langsung terhadap iklim kerja SMA Negeri se Kota Bandar Lampung terbukti dengan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien korelasi r12 = 0,9975. Diperoleh perhitungan kadar sumbangan atau determinasi 99,50% oleh iklim kerja. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan memberi makna thitung = 157,18 > ttabel = 1,98 pada taraf signifikan 0,05%. Pengaruh langsung dibuktikan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien jalur P21 = 0,9975 > 0,05. Karena P21 = 0,9975 > 0,05 maka hipotesis diterima. Berarti terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim kerja SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Gaya kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh langsung terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung terbukti dengan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien korelasi r13 = 0,9982. Diperoleh perhitungan kadar sumbangan atau determinasi 99,64% oleh disiplin kerja guru. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan memberi makna thitung = 163,087 > ttabel = 1,98 pada taraf signifikan 0,05%. Pengaruh langsung dibuktikan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien jalur P31 = 0,82 > 0,05. Karena P31 = 0,82 > 0,05 maka hipotesis diterima. Berarti terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Iklim kerja memberikan pengaruh langsung terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung terbukti dengan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien korelasi r23= 0,9966. Diperoleh perhitungan kadar sumbangan atau determinasi 99,32% oleh disiplin kerja guru. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan memberi makna thitung = 134,263 > ttabel = 1,98 pada taraf signifikan 0,05%. Pengaruh langsung dibuktikan hasil perhitungan statistik yang menunjukkan koefisien jalur P32 = 0,1787 > 0,05. Karena P31 = 0,1787 > 0,05 maka hipotesis diterima. Berarti terdapat pengaruh langsung iklim kerja terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara keseluruhan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri se Kota Bandar Lampung. Artinya gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja dapat meningkatkan disiplin kerja guru, meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa