Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengvaluasi program Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Baru 01 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP, yaitu Context, Input, Process, dan Product. Metode yang digunakan dalam evaluasi program ini yaitu deskriptif kualitatif dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, guru SD Negeri Baru 01 Pagi. Hasil dan temuan evaluasi konteks (context) Aspek konteks yang dievaluasi adalah apakah K-13 relevan dengan visi misi SDN Baru 01 Pagi dan lingkungan alam dan sosial SDN Baru 01 Pagi. Dari indikator yang dievaluasi keduaduanya dapat memenuhi kriteria. Sehingga aspek konteks perlu dipertahankan atau kalau mungkin ditingkatkan. Masukan (input), Aspek yang dievaluasi adalah penerimaan peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, peran kepala sekolah, sarana dan prasarana, serta sumber-sumber pembiayaan, dilihat dari beberapa indikator, semua indikator masuk dalam kategori baik, hanya saja kalau mungkin mekanis penerimaan peserta didik baru perlu diseleksi untuk mendapatkan peserta didik yang lebih berqualitas. Proses (Process) aspek yang dievaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, Persiapan dan pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian. Dari keseluruhan aspek berada pada kategori baik, oleh karenanya perlu dipertahankan, disempurnakan, dan ditingkatkan. Produk (Product), Aspek yang dievaluasi; prestasi akademik atau hasil belajar dan prestasi non akademik ada pada kategori baik atau sangat memuaskan, oleh karena itu perlu dipertahankan atau bila mungkin ditingkatkan. Evaluasi Pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Baru 01 Pagi yang dimulai dari tahun pelajaran 2013/2014 untuk kelas I dan Kelas IV dan pada tahun 2015/2016 SD yang menjadi sasaran K13 telah melaksanakan kurikulum ini secara penuh mulai dari kelas I sampai dengan Kelas VI. siswa yang menjadi sasaran K13 ini telah menamatkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar pada tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dari nilai siswa, menunjukan prestasi akademik KI 3 (Pengetahuan ) dan KI 4 (Ketrampilan) sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan pelaksanaan K13 di SDN Baru 01 berhasil. Walaupun tidak diujikan secara nasional pada pada tahun 2015/2016, namun bagi siswa-siswa itu telah menjalani tahapan K 13, dapat dipastikan mereka telah mengenal K13 dan meneruskan bahkan meningkatkan pengalaman belajar dengan Kurikulum 2013 ketika mereka belajar di jenjang pendidikan selanjutnya. SDN Baru 01 pagi disarankan dalam menerima peserta didik pada setiap awal tahun pelajaran dapat melakukan serangkaian test penerimaan sehingga didapat siswa yang telah baik kemandiriamnnya dalam pembelajarannya.