Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks
biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi, dan angket tanggapan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 42 siswa, sampel diambil dengan metode penentuan tempat sampel dan terpilih kelas VIII Ikhwan dan Akhwat yang berjumlah 28 siswa. Setelah deskripsi data, dilakukan uji coba modul dan pengumpulan data angket tanggapan siswa. Didapat skor validasi oleh ahli sebesar 86%. Selanjutnya, dilakukan uji coba modul. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji coba di kelas VIII Akhwat dengan rata-rata skor 88%. Selain itu, uji coba dilakukan di kelas VIII Ikhwan dengan mendapatkan rata-rata skor 79%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII.
|