Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan mengkaji (1) pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku sopan santun siswa, (2) pengaruh norma sosial terhadap perilaku sopan santun siswa, dan (3) pengaruh keteladanan guru terhadap norma sosial, pada siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah: (1) keteladanan guru berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (2) norma sosial berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (3) keteladanan guru berpengaruh terhadap norma sosial. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis jalur. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang terdapat di Cakung Timur Jakarta Timur. Sampel berjumlah 366 siswa yang dipilih secara acak bertahap dari seluruh populasi siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner keteladanan guru, kuesioner norma sosial, dan kuesioner perilaku sopan santun siswa. Data analisis dengan statistic deksriptif dan inferensial sedangkan pengajuan hipotesis menggunakan Teknik analisis jalur.