ABSTRAK Rosadah. Hubungan Antara Iklim Organisasi dan Budaya Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta, 2012. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji (1) Hubungan Antara iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru, (2) Hubungan Antara Budaya Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru, (3) Hubungan Antara Iklim Organisasi dan Budaya Kerja secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Timur. Hipotesis penelitian: (1) Terdapat hubungan positif antara Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru, (2) Terdapat hubungan positif antara Budaya Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru, (3) Terdapat hubungan positif antara Iklim Organisasi dan Budaya Kerja secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Survei. Populasi target adalah guru Madarasah Tsanawiyah negeri di Jakarta Timur yang berjumlah 160 orang yang tersebar di 5 Madrasah Tsanawiyah Negeri. Sampel sebanyak 105 orang guru dengan tingkat kesalahan 5% dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Instrumen penelitian untuk Iklim Organisasi, Budaya Kerja dan Kepuasan Kerja Guru, didasarkan pada validitas isi. Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil Ujicoba menunjukkan bahwa keterandalan masing masing instrumen sebagai berikut: Iklim Organisasi r11 = 0,973, Budaya Kerja r11 = 0,917 dan Kepuasan Kerja Guru r11 = 0,947. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: pertama terdapat hubungan yang signifikan antara Iklim Organisasi (X1) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y) dengan persamaan regresi. ? = 10.296 + 0.938 X1, kedua terdapat hubungan yang signifikan antara Budaya Kerja (X2) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 7.545 + 0.959 X2, ketiga terdapat hubungan yang signifikan anatara Iklim Organisasi (X1) dan Budaya kerja (X2) secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru (Y) dengan persaamaan regresi ? = 10.319 + 0.055 X1 + 0.940 X2, signifikan pada 0,05. Berdasarkan temuan penelitian di atas, Kepuasan kerja guru dapat dicapai secara optimal, kalau Iklim Organisasi dan Budaya kerja di Madrasah dapat diciptakan dan dilakukan dengan baik. Kepuasan Kerja Guru dapat meningkat jika iklim organisasi dan budaya kerja terus diperbaiki secara berkesinambungan, guru dalam melaksanakan tugas penuh tanggung jawab, profesional dan terstandar. Suasana sekolah yang kondusif merupakan faktor eksternal yang dapat memotivasi guru untuk bekerja, oleh karena itu hendaknya perlu dikondisikan lingkungan sekolah yang nyaman sehingga orang yang bekerja di dalamnya merasa aman dan nilai-nilai keadilan universal di lingkungan kerjanya sesuai tuntutan tugas yang diembannya.
|