Abstrak  Kembali
ABSTRAK Nana Marlina, Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Tesis. Program Pacsasarjana Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka, 2010 Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi dengan Disiplin kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru, (2) terdapat hubungan antara budaya organisasi dengan disiplin kerja guru dan (3) terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan desain korelasional. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pembobotan nilai pernyataan menggunakan skala Likert 1 sampai dengan 5. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 orang responden, dengan sampel penelitian menggunakan rumus slovin sebanyak 81 orang yang diambil dari guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dengan Disiplin kerja guru dengan persamaan regresi ?? = 26,964 + 0,813 X1 dengan koefisien korelasi ry1 = 0,683 pada taraf nyata a= 0,05 yang berarti bahwa setiap kenaikan Disiplin kerja guru disumbang sebesar 0,813 oleh variabel Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada konstanta 26,964. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin kerja guru 46,64%. Kedua, terdapat hubungan positif antara Budaya Organisasi dengan Disiplin kerja guru dengan persamaan regresi ? = 55,036 + 0,665X2 dengan koefisien korelasi ry2 = 0,583 pada taraf nyata ? = 0,05 yang berarti bahwa setiap kenaikan Disiplin kerja guru disumbang sebesar 0,665 oleh variabel Budaya Organisasi pada konstanta 55,036. Kontribusi Budaya Organisasi terhadap Disiplin kerja guru 33,99%. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Gaya kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya Organisasi secara bersama-sama dengan Disiplin kerja guru dengan persamaan regresi ? = 2,4 + 0,619 X1 + 0,338 X2 dengan koefisien korelasi ry12 = 0,726 pada taraf nyata ? = 0,05 yang berarti bahwa setiap kenaikan Disiplin kerja guru disumbang sebesar 0,619 dan 0,338 oleh variabel Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya Organisasi pada konstanta 2,4. Kontribusi Gaya kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Disiplin kerja guru sebesar 52,70%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa antara Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya Organisasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang sangat berarti terhadap Disiplin kerja guru. Dengan kata lain Disiplin kerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dapat ditingkatkan melalui Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya Organisasi yang kondusif dan menyenangkan bagi guru