Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain kurikulum yang diimplementasikan pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Manajemen Perkantoran di SMK Motivasi Insani Cibinong-Bogor, meliputi: tujuan kurikulum, peranan kurikulum, fungsi kurikulum, dan komponen kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Motivasi Insani Cibinong-Bogor yang beralamat di Jalan Al-Nur RT 04 RW 07 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor 16916. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis kembali dengan menggunakan metode trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, dengan mereduksi data (Reduction), menyajikan data (Display) dan menyimpulkan data (Conclusion/ Verification) disingkat menjadi RDC. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, adalah implementasi desain kurikulum pada kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Manajemen Perkantoran di SMK Motivasi Insani Cibinong-Bogor, yaitu menentukan tujuan kurikulum yang dirangkum dalam visi misi sekolah. Melaksanakan peranan kurikulum yang meliputi peran konservatif, kreatif, kritis dan evaluatif. Menjalakan fungsi kurikulum yang meliputi fungsi pendidikan umum, suplementasi, eksplorasi, dan keahlian. Selanjutnya maksimalkan komponen kurikulum yang terdiri dari tujuan, materi, metode, organisasi, dan evaluasi.