Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan program Supervisi Akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan upaya Kepala Sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru-guru di SMKN 1 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, dan guru. Bidang tersebut mengkaji tentang pelaksanaan supervisi akademik yaitu layanan perencanaan, pelaksanaa dan evaluasi supervisi akademik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program supervisi akademik kepala sekolah melibatkan sejumlah guru dan tenaga kependidikan dengan membentuk tim. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan pendekatan tehnik supervisi akademik yang sesuai dengan program pemerintah dengan landasan hukum dan konseptual, hal ini terlihat pada arsip dokumentasi pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah. Dalam tindak lanjut evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya pelaksanaan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru-guru antara lain melaksanakan rapat guru di sekolah, mengirimkan sejumlah guru untuk mengikuti penataran, mewajibkan seluruh guru untuk membuat RPP, dan mengumpulkan seluruh instrumen evaluasi selanjutnya dijabarkan dalam laporan evaluasi akhir pembelajaran. Hasil supervisi akademik kepala sekolah menyampaikan kepada guru yang telah dievaluasi, hal ini adalah menunjang proses pembelajaran yang lebih baik dan Keefektifan kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dilakukan agar dapat meningkatkan profesionalisme mengajar guru di SMKN 1 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.