Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan program Supervisi
Akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan upaya Kepala Sekolah dalam
pelaksanaan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru-guru di SMKN 1
Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.
Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif deskriptif yaitu dengan
mendapatkan data secara alamiah, teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi
data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah,
wakil kurikulum, dan guru. Bidang tersebut mengkaji tentang pelaksanaan supervisi
akademik yaitu layanan perencanaan, pelaksanaa dan evaluasi supervisi akademik..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program supervisi akademik
kepala sekolah melibatkan sejumlah guru dan tenaga kependidikan dengan membentuk
tim. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan pendekatan tehnik supervisi
akademik yang sesuai dengan program pemerintah dengan landasan hukum dan
konseptual, hal ini terlihat pada arsip dokumentasi pelaksanaan supervisi akademik
yang dilakukan kepala sekolah.
Dalam tindak lanjut evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya
pelaksanaan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru-guru antara lain
melaksanakan rapat guru di sekolah, mengirimkan sejumlah guru untuk mengikuti
penataran, mewajibkan seluruh guru untuk membuat RPP, dan mengumpulkan seluruh
instrumen evaluasi selanjutnya dijabarkan dalam laporan evaluasi akhir pembelajaran.
Hasil supervisi akademik kepala sekolah menyampaikan kepada guru yang telah
dievaluasi, hal ini adalah menunjang proses pembelajaran yang lebih baik dan
Keefektifan kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dilakukan
agar dapat meningkatkan profesionalisme mengajar guru di SMKN 1 Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi.
|