Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dan kaitannya dengan pengasuhan dan pembinaan di panti asuhan anak. Penelitian ini dilaksanakan di panti asuhan anak Rumah Piatu Muslimin, Kramat Senen, Jakarta pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang, dengan menghimpun data atau infomasi sebanyakbanyaknya. Data dikumpulkan dengan instrument pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap kepala panti asuhan, kepala pengasuhan dan pembinaan, serta tenaga kepengasuhan (panti). Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : panti asuhan rumah piatu muslimin menerapkan pengasuhan dan pembinaan berbasis karakter dengan baik. Pengasuhan dan pembinaan yang dilakukan di panti asuhan rumah piatu muslimin mengacu pada Asta Citra Anak Indonesia yang diturunkan menjadi standar kepengasuhan, hal ini dapat dilihat dengan dinobatkannya Rumah Piatu Muslimin menjadi Panti Asuhan Terbaik dan Percontohan di DKI Jakarta. setiap kegiatan yang akan dimulai diawali dengan berdoa baik yang dipimpin oleh pengurus maupun anak panti itu sendiri. Terlihat setiap anak mampu menjalankan tugas yang diberikan baik secara akademis maupun pengasuhan. Prestasi dan kesan baik juga di dapat dari sekolah dan lingkungan sekitar panti. Budaya jika bertemu dengan orang lain menyapa dengan sopan dan santun menjadi tampilan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang tertuang dalam asta citra anak Indonesia seperti akhlak terhadap tuhan, terhadap sesama, lingkungan semua dapat dikembangkan oleh Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin yang terwujud dari berbagai program pengasuhan dan pembinaan yang dikemas dalam empat sasaran pokok yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Umum, Keterampilan, Kesenian dan Olahraga.