Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan
karakter dan kaitannya dengan pengasuhan dan pembinaan di panti asuhan
anak. Penelitian ini dilaksanakan di panti asuhan anak Rumah Piatu Muslimin,
Kramat Senen, Jakarta pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan peristiwa, kejadian yang
terjadi pada saat sekarang, dengan menghimpun data atau infomasi sebanyakbanyaknya.
Data dikumpulkan dengan instrument pengumpulan data berupa
observasi dan wawancara terhadap kepala panti asuhan, kepala pengasuhan
dan pembinaan, serta tenaga kepengasuhan (panti). Setelah data dikumpulkan
kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan :
panti asuhan rumah piatu muslimin menerapkan pengasuhan dan pembinaan
berbasis karakter dengan baik. Pengasuhan dan pembinaan yang dilakukan di
panti asuhan rumah piatu muslimin mengacu pada Asta Citra Anak Indonesia
yang diturunkan menjadi standar kepengasuhan, hal ini dapat dilihat dengan
dinobatkannya Rumah Piatu Muslimin menjadi Panti Asuhan Terbaik dan
Percontohan di DKI Jakarta. setiap kegiatan yang akan dimulai diawali dengan
berdoa baik yang dipimpin oleh pengurus maupun anak panti itu sendiri.
Terlihat setiap anak mampu menjalankan tugas yang diberikan baik secara
akademis maupun pengasuhan. Prestasi dan kesan baik juga di dapat dari
sekolah dan lingkungan sekitar panti. Budaya jika bertemu dengan orang lain
menyapa dengan sopan dan santun menjadi tampilan sehari-hari. Nilai-nilai
karakter yang tertuang dalam asta citra anak Indonesia seperti akhlak terhadap
tuhan, terhadap sesama, lingkungan semua dapat dikembangkan oleh Panti
Asuhan Rumah Piatu Muslimin yang terwujud dari berbagai program
pengasuhan dan pembinaan yang dikemas dalam empat sasaran pokok yaitu
Pendidikan Agama, Pendidikan Umum, Keterampilan, Kesenian dan Olahraga.
|