Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Prakerin Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 18 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deksriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Industri, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ketua Program Keahlian, Guru Pembimbing, Pembimbing DU/DI, Peserta Prakerin, dan Komite.informan tersebut memberikan informasi tentang perencanaan dan pelaksanaan Prakerin di sekolah maupun di DU/DI. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Prakerin dievaluasi dari aspek Context, Input, Process, and Product (CIPP) yang terdiri dari Context terdiri dari: Latar belakang dan relevansi program. Input terdiri dari: kurikulum, pendidik dan tenaga pendidikan, peserta didik, kriteria dan jumlah industri pasangan, daya dukung, sarana dan prasaran, kelengkapan administrasi, serta biaya. Process terdiri dari: proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah, perencanaan pelaksanaan Prakerin, sosialisasi, pembekalan, persiapan, pelaksanaan, monitoring, pelaporan, dan penilaian hasil Peakerin. Product terdiri dari : Teaching dan Non-Teaching. Aspek Konteks: Kebijakan pemerintah, landasan hukum, dan tujuan program Prakerin secara umum telah sesuai dengan pelaksanaan program Prakerin kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 18 Jakarta. Aspek Input: Kriteria peserta Prakerin sebelum pelaksanaan Prakerin harus lebih cermat lagi karena banyak peserta Prakerin yang belum kompeten dalam keterampilan maupun sikap dan mentalnya. Sarana dan prasarana yang menjadi perhatian adalah masalah perawatan dan kebersihan, sebab sarana dan prasarana salah satu penunjang praktik di sekolah.