Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Tempat penelitian ini dilakukan pada perusahaan di sektor pertanian sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian Kuantitatif dengan data Sekunder. Jenis penelitian Explanasi yaitu peneliti menentukan sendiri pengaruh dari masing-masing kedudukan variabel yang diteliti. Variabel bebas dalam penelitian ini Profitabilitas (X1), Leverage (X2) dan Ukuran Perusahaan (X3) dan Variabel terikat Nilai Perusahaan (Y). Populasi dalam penelitian berjumlah 21 perusahaan, sampel diperoleh sebanyak 11 perusahaan di Sektor Pertanian Sub Sektor Perkebunan yang sahamnya sudah Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel dengan Purposive Sampling. Alat analisis statistik yang digunakan adalah SPSS versi 21.0 metode analisis data dengan Uji Asumsi Klasik dan untuk menguji Hipotesis digunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil pengujian penelitian diperoleh Profitabilitas (X1) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y). Hal ini disebabkan perusahaan sektor pertanian kurang mengalami peningkatan laba maka dari itu mencerminkan kinerja perusahaan pertanian tahun 2013-2017 kurang baik, sehingga menimbulkan sentimen negatif dari investor dan dapat membuat harga saham perusahaan mengalami penurunan, menurunnya harga saham di pasar menurun pula Nilai Perusahaan di mata investor. Leverage (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y). Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya tingkat leverage perusahaan pertanian akan memberikan sinyal positif bagi investor untuk membeli saham perusahaan tersebut dengan naiknya permintaan atas saham perusahaan maka akan naik juga nilai perusahaan. Kondisi perkembangan Debt to Equity Ratio (DER) sektor pertanian relatif stabil. Pada hipotesis yang ketiga (H3) Ukuran Perusahaan (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y).