Abstrak  Kembali
ABSTRAK Sopan Hadi. Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Guru terhadap Pekerjaan dengan Kompetensi Profesional Guru SDN di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2012. Penelitian ini untuk mengkaji hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru terhadap pekerjaan dengan kompetensi professional guru. Objek penelitian adalah guru-guru SDN di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji adalah: (l) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional, (2) terdapat hubungan positif antara sikap guru terhadap pekerjaan dengan kompetensi professional guru (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru terhadap pekerjaan secara bersama-sama dengan kompetensi professional guru.. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian berjumlah sebanyak 167 guru, sedangkan responden penelitian berjumlah 144 guru (30 orang untuk uji coba dan 114 orang untuk penelitian), teknik pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Instrumen kompetensi professional (Y) sebagai variable terikat, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan sikap guru terhadap pekerjaan (X2) sebagai variable bebas. Pengujian validitas menggunakan korelasi Product Moment dengan menggunakan analisis butir, sedangkan realibilitas diukur dengan Alpha Cronbach. Dari penelitian ditemukan.bahwa: (l) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kompetensi professional guru (Y) dengan koefisien korelasi ryl = 0,731 pada taraf signifikansi pada ? = 0,05 dan persamaan regresi ? = 29,074 + 0,791X1, (2) terdapat hubungan positif antara sikap guru terhadap pekerjaan (X2) dengan kompetensi professional (Y) dengan koefisien korelasi ry2 = 0,593 pada taraf signifikansi pada ? = 0,05 dan persamaan regresi ? = 59,355 + 0,545X2, (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan sikap guru terhadap pekerjaan (X2) secara bersama-sama dengan kompetensi professional (Y) dengan kofisien korelasi ry.12 = 0,752 pada taraf signifikansi pada ? = 0,05 dan persamaan regresi ? = 23,595 + 0,640X1 + 0,206Y2. Hasil penelitian menunjukan bahwa (l) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kompetensi professional guru (Y) SDN di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatn, (2) terdapat hubungan positif antara sikap guru terhadap pekerjaan (X2) dengan kompetensi professional guru (Y) SDN di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan sikap guru terhadap pekerjaan (X2) secara bersama-sama dengan kompetensi professional guru (Y) SDN di Kecarnatan Cilandak, Jakarta Selatan. Kesimpulan hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan kompetensi professional guru dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah, sehingga gaya yang diterapkan dapat diterima oleh guru dalam melaksanakan tugas dan juga dengan meningkatkan sikap guru terhadap pekerjaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru terhadap pekerjaan dalam rangka meningkatkan kompetensi professional guru pada SDN di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.