Abstrak  Kembali
ABSTRAK NURHAYATIN. Hubungan antara kopetensi pedagogik dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri DI Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kopetensi pedagogik dan motivasi kerja dengan disiplin kerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru SD Negeri di kecamatan Tambun Selatan yang tersebar di 19 sekolah dengan jumlah 341 orang. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik multi stage random sampling dipeoleh sebanyak 77 orang dan kemudian ditetapkan secara proporsional untuk masing-masing sekolah. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data dari variabel disiplin kerja guru (Y), keterampilan manajerial kepala sekolah (X1), komunikasi interpersonal (X2) menggunakan kuis model skala Likert. Tingkat validitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dan tingkat reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa: pertama terdapat hubungan positif antara kompetensi pedagogik dengan kedisiplinan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,5159 dan persamaan regresi Y = 54.52 + 0.49 X1. Hal ini berarti rata-rata perubahan satu unit skor kopetensi pedagogik akan selalu diikuti oleh perubahan satu unit skor kompetensi pedagogik. Kedua, terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dan disiplin kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,3882 dan persamaan Y = 66.44 + 0.39 X2 regresi maka persamaan ini memberikan informasi bahwa rata-rata perubahan satu skor unit motivasi kerja guru akan diikuti oleh perubahan satu unit skor disiplin kerja guru. Ketiga, terdapat hubungan positif antara kedisiplinan kerja guru dan kompetensi pedagogik dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kedisiplinan kerja koefisien 0,3087 dan persamaan regresi Y = 37.54 + 0.41 X1 + 0.23 X2. Hal ini berarti bahw kedisiplinan kerja guru dan motivasi guru secara bersama-sama sebesar 69.13% sedangkan selebihnya lainnya 30,87% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.