Abstrak  Kembali
ABSTRAK Agus Purwanto. Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap motivasi berprestasi guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kecamatan Pancoran Mas Kotamadya Depok. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengamati dan mengetahui pengaruh Antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap motivasi berprestasi guru Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner. Populasi target guru Sekolah Menengah Atas Kota Depok, sedangkan populasi terjangkau adalah guru Sekolah Menengah Atas Swasta di kecamatan Pancoran Mas dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, jumlah populasi 148 dan jumlah sampel 60 orang. Penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif antara: 1) Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru 2) Budaya sekolah terhadap motivasi berprestasi guru 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap budaya sekolah. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki reliabilitas rh = 0,96, Budaya sekolah memiliki reliabilitas rh = 0,94, dan motivasi berprestasi guru memiliki reliabilitas rh = 0,95. Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif sangat signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap motivasi berprestasi guru (X3), memperoleh persamaan regresi X3 = 14,8 + 0,8377X1, koefisien korelasi r13 = 0,9919 dan koefisien determinasi r223 = 98,39 pada taraf signifikansi ? = 0,05, p31 = 0,75 > ? = 0,05, 2) Terdapat pengaruh positif sangat signifikan budaya sekolah (X2) terhadap motivasi berprestasi guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 7,0067 + 0,9777X2 koefisien korelasi r23 = 0,9839 dan koefisien determinasi r223 = 96,81 % pada taraf signifikansi ? = 0,05, p32 = 0,25 > ? = 0,05, 3) Terdapat pengaruh positif Kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap budaya sekolah (X2) memperoleh persamaan regresi X2 = 11,7220 + 0,8333X1 dan koefisien korelasi r12 = 0,9805 dan koefisien determinasi r212 = 96,13 % pada taraf signifikansi ? = 0,05, p21 = 0,98 > ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa motivasi berprestasi guru meningkat apabila kepemimpinan transformasional kepala sekolah optimal dan budaya sekolah kuat. Upaya mengoptimalkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat dilakukan melalui, kepemimpinan yang mengakomodir perubahan, sedangkan upaya penguatan budaya sekolah dilakukan melalui, komitmen dan konsistensi. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan motivasi berprestasi guru Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pancoran Mas Depok, khususnya motivasi berprestasi guru swasta Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pancoran Mas Depok.