Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program pembelajaran remedial dan menyesuaikan dengan standar minimal pendidikan menggunakan model CIPP. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif yaitu data dikumpulkan secara mendalam dengan observasi, meneliti dokumentasi, angket dan wawancara mendalam dengan berbagai sumber. Wawancara dilakukan kepada kepala SD Islam Al – Azhar 8 Kembangan sebagai sekolah focus evaluasi dan guru. Angket diberikan kepada kepala sekolah,guru, tata usaha, orangtua siswa dan juga siswa Penelitian evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa pada evaluasi konteks semua komponen sudah cukup baik. Baik komponen visi, misi dan tujuan sekolah sudah sesuai dan terarah. Program ini juga memiliki relevansi dengan kebutuhan masyarakat Kemudian untuk evaluasi input, input siswa yang mengikuti program pembelajaran remedial sudah sesuai dengan target, yaitu siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar. Untuk sarana dan prasarana sudah memadai. Dukungan penuh dari orang tua serta guru yang memiliki kompetensi baik. Administrasi ada yang harus dibenahi dalam meningkatkan manajemen yang lebih baik. Evaluasi proses sudah berjalan dengan baik. Guru sudah memberikan pembelajaran remedial dengan berbagai metode agar siswa lebih mengerti. Dari segi waktu, waktu yang diberikan sudah cukup memadai. Sayangnya keakifan siswa masih belum maksimal dalam mengikuti program pembelajaran remedial Evaluasi produk menghasilkan akademik dan non akademik . Produk akademik merupakan peningkatan dalam pembelajaran terutama prestasi belajar siswa dan non berupa perubahan sikap setelah mengikuti pembelajaran remedial.