Abstrak  Kembali
ABSTRAK ANA HARSIWI. Pengaruh Gaya Kemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammaduyah Prof. DR. Hamka. 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menelaah dan mengungkapkan mengenai pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan komunikasi Interpersonal terhadap kinerja Guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah, (1) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (2) terdapat pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap kerja guru (3) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap komunikai interpersonal. Metode penelitian adalah survey dengan populasi sebanyak 498 guru dan sample berjumlah 205 guru, yang diambil dengan tehnik Proporsional Random Sampling. Teknik analysis data menggunakan regresi serta korelasi sederhana pada taraf signifikansi ? = 0,05. Data tentang kinerja guru (X3), gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan komunikasi interpersonal (X2) diambil dengan instumen yang telah diujicoba (valid) dengan koefisien reliabilitas rx3 = 0,922, rx1 = 0,32, dan rx2 = 0,909. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r13 = 0,396, koefifien determinan (r13)2 = 0,157, Koefisien Jalur (P31) = 0,360, kedua: terdapat pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r23 = 0,246, koefisien determinasi (r23)2 = 0,061, Koefisien Jalur (P32) = 0,170, ketiga terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal dengan koefisien korelasi r12 = 0,211, koefisien determinasi (r12)2 = 0,045, Koefisien Jalur (P21) = 0,211. Dengan demekian masing-masing variable memberikan sumbangan 15,7% dari kepemimpinan kepala sekolah dan 6,1% dari komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, serta 4,5% dari gaya kepemimpinan terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur.