Abstrak  Kembali
Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui konteks pelaksanaan program kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Swasta Ignatius Slamet Riyadi 1, kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasaran, proses pelaksanaan, dan mengetahui ketercapaian pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam evaluasi ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melihat data dan fakta empiris. Pengambilan data dilakukan secara ilmiah yang meliputi observasi, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, operator, guru – guru dan orang tua murid. Kemudian data tersebut dianalisis, reduction, data display, dan congclusion. Kesimpulan penelitian evaluasi, bahwa yang melatarbelakangi pelaksanaan program adalah kondisi ekonomi orang tua murid, adanya kesesuaian antar visi dan misi sekolah dan visi misi Kartu Jakarta Pintar, tidak adanya sosialisasi yang sistematis yang dilakukan secara berjenjang ataupun formal, tidak adanya sarana atau fasilitas yang diberikan kepada stakeholder, ketidaksesuaian proses pelaksanaan terletak pada tata urutan tindakan yang harus dilewati, dan respon orang tua murid terhadap pelayanan dan pelaksanaan sangat positif dan juga respon guru terkait Kartu Jakarta Pintar sangat mendukung pelaksanaan disekolah tersebut. Implikasi pelaksanaaan program ini adalah bisa memberikan dampak bagi kesejahteraan ekonomi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan, sehingga mendapat respon yang baik dari tim pelaksana program. Diharapkan tim pelaksana mengetahui tata urutan pelaksanaan program, dan berkomitmen untuk menjalan program.