Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Cita Mulia Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP ( Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, wali kelas, koordinator estrakurikuler, siswa, orang tua siswa. Dan Komite sekolah, teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data, keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Cita Mulia berjalan dengan efektif, namun demikian ada pula beberapa factor penghambatnya yaitu Karakter siswa yang beragam, Tentu saja karakter anak dan latar belakang akan berpengaruh secepat apa program bisa terlaksana. Siswa pindahan yang membawa pengaruh kurang baik untuk siswa lama dan Siswa yang kurang memahami tentang visi misi sekolah ,sehingga ada saja pelanggaran yang dilakukan siswa. Terdapat guru yang belum memahami penuh visi dan misi sekolah secara komprehensif tentang bagaimana memahami karakter anak. Kurangnya sinergi antar rekan guru, sekolah dan yayasan sehingga menimbulkan iklim kerja yang kurang kondusif dan lemahnya manajemen konflik antar rekan guru dan yayasan. Penguatan Pendidikan karakter di SMP Cita Mulia berjalan efektif dikarenakan oleh keteladanan akhlak kepala sekolah, guru, orang tua, sosialisasi program yang terarah dan terkonsep . Evaluasi yang dilakukan secara intensif oleh kepala sekolah, komunikasi yang harmonis dari orang tua dan komite sekolah kepada sekolah serta pembiasaan-pembiasaan nilai karakter yang dilakukan dikelas, budaya sekolah dan partisipasi orang tuasiswa yang berjalan dengan baik.