Abstrak  Kembali
ABSTRAK Marnita Manik. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. 2010 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menelaah dan menganalisis mengenai hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Penelitian dilakukan di SD Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian adalah, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan kinerja guru (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru dengan kinerja guru. Metode penelitian adalah survey dengan populasi sebanyak 82 guru dan sample berjumlah 68 guru, yang diambil dengan tehnik Multi Stage Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi serta korelasi sederhana pada taraf signifikansi ? = 0,05. Data tentang kinerja guru (Y), gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan kompetensi guru (X2) diambil dengan instrumen yang telah diujicoba (valid) dengan koefisien reliabilitas ry= 0,908, rx1 = 0,934, dan rX2 = 0,893. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,869 dan koefisien determinasi (ry1)2 = 0,755, kedua: terdapat hubungan yang positif antara kompetensi guru dan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,739 dan koefisien determinasi (ry2)2 = 0,546, ketiga: terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersamasama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0,894 dan koefisien determinasi (Ry.12)2 = 0,799. Dengan demikian masing-masing variabel memberikan sumbangan 75,5% dari kepemimpinan kepala sekolah, 54,6% dari kompetensi guru dan secara bersama - sama memberikan sumbangan sebesar 79,9% terhadap kinerja guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa. terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Dengan demikian kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan dapat ditingkatkan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru.