Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengevaluasi apakah program supervisi akademik kepala sekolah di SMKN 2 Kota Banjar sudah menunjukan peningkatan yang signifikan untuk kinerja guru dalam mengajar. Evaluasi ini juga bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk dari pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah SMKN 2 Kota Banjar.
Metode pada evaluasi ini menggunakan metode kualitatif evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Instrument yang digunakan untuk menjaring data pada evaluasi ini berupa wawancara, studi dokumen, dan observasi. Wawancara yang dilakukan oleh evaluator adalah 9 key informan, baik kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Untuk menguji keabsahan data, evaluator menggunakan triangulasi, yaitu mengcrosscheck kembali kepada guru.
Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kepala sekolah dalam melaksanakan perancangan program supervisi berdasarkan pada tujuan dan prinsip supervisi, (2) kepala sekolah sudah melaksanakan program supervisi sesuai dengan prosedur yang telah di tentukan, (3) Hasil supervisi belum signifikan atau belum sesuai dengan yang diharapkan, karena kepala sekolah belum memberikan feedback yang baik dalam peningkatan kinerja guru, (4) pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepala sekolah belum sepenuhnya merata kepada guru-guru.
Program supervisi merupakan bagian dari peran kepala sekolah yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, karena program supervisi bisa membantu guru dalam megatasi permasalahan mengajar yang dialaminya. Oleh karena itu, hasil program supervisi tidak memberikan hasil yang signifikan.
Berdasarkan hasil evaluasi ini, evaluator memberikan rekomendasi kepada kepala sekolah jika ingin meningkatkan kinerja guru terutama dalam hal kompetensi yang harus dimiliki oleh guru , maka kepala sekolah harus memperbaiki metode, teknik, dan bentuk pembinaan yang dilakukan. Kepala sekolah hendaknya memberikan feedback yang baik terhadap hasil supervisi guru.
|