Tesis ini bertujuan untuk memberikan alternatif teknik pembelajaran menulis kreatif puisi dan melihat sejauh mana keefektifan serta keefisienan teknik pemetaan pikiran dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi siswa SMP. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMP Mazro’atul Ulum, khususnya kelas VII-2 dengan sampel sebanyak 24 siswa. Penelitian tindakan ini bersifat partisipan dan kolaboratif, di mana peneliti terlibat langsung dalam penelitian ini dan berkolaborasi dengan melibatkan pihak lain seperti guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif di mana pengumumpulan data kualitatif dilakukan melalui pengamatan atau observasi, wawancara, jurnal siswa, angket, form pengamatan siswa terhadap guru, serta data hasil menulis kreatif puisi siswa melalui teknik pemetaan pikiran. Pada proses penelitian diadakan beberapa siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Teknik pemetaan pikiran yang belum pernah digunakan pada pembelajaran menulis kreatif puisi di SMP Mazro’atul Ulum mengharuskan peneliti dan guru mengajarkan dan
memberitahukan terlebih dahulu cara membuat dan menerapkan teknik pemetaan pikiran tersebut. Walaupun pengetahuan siswa terbatas dalam membuat dan menerapkan teknik ini, namun dari perbandingan hasil menulis kreatif puisi siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II, menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik pemetaan pikiran dapat mempermudah siswa dalam menulis kreatif puisi. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai rata-rata prasiklus 67.77, meningkat pada siklus I menjadi 74.72 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80.56. Diharapkan penelitian tindakan ini dapat membantu serta menjadi refrensi bagi para guru maupun peneliti dan orang-orang yang bergerak di bidang pendidikan. Penelitian tindakan yang telah dilakukan ini menjadi salah satu bukti bahwa penerapan teknik pemetaan pikiran dapat dilakukan dalam hal apa pun termasuk dalam menulis kreatif puisi.
|