Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan mendapatkan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran, sedangkan tujuan khususnya adalah menganalisis pelaksanaan program pembelajaran, prosedur pembelajaran, prosedur penyelenggaraan, kesiapan tenaga kerja, sarana prasarana, hambatan, selama proses pembelajaran. Hasil dan dampak dari pelaksanaan program pembelajaran Tahsin, Tahfiz, Tafhim Al-Qur’an di SD Al-Fityan School Tangerang. Adapun model penelitian yang digunakan dalam penelitian evaluasi ini adalah model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian teridri dari kepala sekolah SD Al-Fityan School Tangerang, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang humas, koordinator Al-Qur’an, guru T3Q, peserta didik, orang tua siswa dan komite. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al-Fityan School Tangerang telah melaksanakan program pembelajaran Tahsin, Tahfiz, Tafhim Al-Qur’an yang masuk ke dalam kurikululm muatan lokal dan merupakan program unggulan sekolah. Pembelajaran Tahsin, Tahfiz, Tafhim Al-Qur’an dilakukan 5 hari dalam seminggu. Untuk menguatkan hafalan siswa/i, target hafalan harian siswa diulang sebanyak 8 kali dalam sehari. Pelaksanaan program pembelajaran Tahsin, Tahfiz, Tafhim Al-Qur’an memberikan dampak positif bagi siswa yaitu bagusnya bacaan Al-Qur’an siswa, hafalan siswa yang mutqin dan terbentuknya akhlak Al-Qur’an dalam diri siswa/i serta hafalan yang ada digunakan siswa pada waktu shalat.