Abstrak  Kembali
ABSTRAK Handayani. Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi system manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri rayon 2 Jakarta Selatan. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011 Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri. Dilaksanakan di wilayah rayon 2 Jakarta Selatan pada tahun 2011. Metode penelitian adalah metode survey dengan teknik korelasional. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian. Instrumen penelitian telah diujicobakan dan hasilnya dianalisis dengan teknik korelasional, dan diuji dengan uji-t, sedangkan reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Populasi adalah semua guru SMK Negeri di rayon 2 wilayah Jakarta Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara random sederhana yaitu 71 guru dari 5 sekolah. Sekolah yang diteliti adalah SMK N 25, SMK N 32, SMK N 47, SMK N 57, dan SMK N 62. Koefisien korelasi variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar rx1y = 0,98 dan faktor determinasi sebesar r2x1y = 0,96. Persamaan garis regresi liniernya adalah ? = 29,77 + 0,77 X1. Koefisien variabel implementasi system manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan kinerja guru adalah sebesar r x2y = 0,95 dan faktor determinasi sebesar r2 x2y = 0,91. Persamaan garis regresinya adalah ? = 26,34 + 0,78 X2. Uji-t menyimpulkan bahwa koefisien korelasi kedua variabel di atas signifikan. Sedangkan koefisien korelasi ganda, R y x1x2 = 0,98. Faktor determinasi R2 y x1x2 = 0,96. Uji-F menyimpulkan bahwa korelasi regresi ganda signifikan, dengan persamaan regresi ganda ? = 32,59 + 1,07 X1 ? 0,31 X. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikan ? = 0,05. Dari uraian hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 memberi kontribusi langsung, baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama kepada kinerja guru. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah melalui kinerja guru. Yaitu dengan program sekolah yang jelas dan realistis untuk diwujudkan dan komitmen untuk peningkatan implementasi sistem manajemen mutu ISO di sekolah.