Abstrak  Kembali
Banyaknya perguruan tinggi yang berdiri saat ini menimbulkan persaingan didalamnya, sehingga perlunya sebuah strategi untuk menjawab tantangan ini. Mutu layanan perguruan tinggi menjadi salah satu faktor penentu dimana masyarakat memilih lembaga pendidikan yang dapat memberikan pelayanan terbaiknya, karena pelayanan adalah sebuah usaha untuk mempertinggi kepuasan pelanggan. Kepemimpinan Ketua Program Studi dan komitmen organisasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi mutu layanan perguruan tinggi, dimana ketua program studi dapat memberikan pelayanan baik dalam bidang akademik maupun non akademik kepada dosen dan mahasiswa, demikian juga perguruan tinggi yang memiliki komitmen organisasi terkait mutu layanan dapat meningkatkan nilai tambah terhadap kualitas perguruan tinggi tersebut. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh kepemimpinan ketua program studi dan komitmen organisasi terhadap mutu layanan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui metode survey kausal, dengan sample berjumlah 100 orang yang terdiri dari seluruh dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta yang memiliki jabatan fungsional (angka kredit) Lektor dan Lektor Kepala, dan mahasiswa pada lembaga kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini pengaruh antara komitmen organisasi terhadap mutu layanan di Universitas Muhammadiyah Jakarta dilihat dari uji analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi ganda dan korelasi ganda didapatkan p value untuk variable mutu layanan 0,761 yang berarti signifikan atau komitmen organisasi tersebut mempengaruhi mutu layanan di UMJ. Sedangkan pengaruh kepemimpinan ketua program studi terhadap mutu layanan di UMJ melalui uji analisis yang sama adalah 0,219 yang berarti signifikan atau kepemimpinan ketua program studi mempengaruhi mutu layanan di UMJ.