Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi kinerja guru SMK
Muhammadiyah Campaka Purwakarta Jawa Barat. Hasil metode evaluasi
ketimpangan The Disperancy Evaluation Model yang digunakan dipaparkan
secara kualitatif dalam bentuk deskriptif narasi . Data kualitatif terdiri dari
deskripsi rinci mengenai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional .
Penelitian ini menggunakan model evaluasi ketimpangan ( The Disperancy
Evaluation Model ) kesenjangan . Membandingkan apa yang terjadi dengan apaapa
yang ditergetkan Pada kompetensi pedagogik Penguasaan, penerapan, dan
produk ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti menulis buku, karya ilmiah,
penelitian, membuat alat peraga, penerapan aspek teknologi dalam pembelajaran
seperti media. Selain juga produk teknologi yang dihasilkan dalam bentuk
software dan hardware. Dengan cara demikian, dapat dikembangkan unit
produksi yang memberikan kontribusi pada sekolah, mengembangkan jiwa
kewirausahaan, kerjasama, dan sebagainya. Kontribusi guru dalam karya yang
dapat dimanfaatkan orang lain. Guru-guru dapat menyebarluaskan temuannya ke
berbagai media sehingga para stakeholder dapat memanfaatkan karya guru.
Kenyataan hasil temuan di lapangan dari 25 orang guru yang sudah menulis
buku karya ilmiah,penelitian membuat alat peraga, penerapan aspek teknologi
dalam pembelajaran seperti media. Selain juga produk teknologi yang dihasilkan
dalam bentuk software dan hardware hanya 2 orang .Pada Kompetensi
Profesional guru di tuntut untuk melanjutkan pendidikan S2 kenyataan dari 25
orang guru yang melanjutkan pendidikan S2 berjumlah 3 orang.
Jumlah guru 25 orang dan yang menjadi subjek sampel 25 orang guru di SMK
Muhammadiyah Campaka Purwakarta.
|