Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi dari pelaksanaan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Hasanudin Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alami, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Komite Sekolah, dan orangtua peserta didik penerima KJP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi pelaksanaan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Hasanudin berjalan lancar dan sangat efektif dalam membantu perekonomian peserta didik kurang mampu, namun sedikit tepat sasaran dikarenakan kesalahpaham mengenai arti miskin yang sesungguh masih belum jelas patokannya. Tujuan dari progam KJP di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Hasanuddin sudah baik sejalan dengan tujuan KJP dari pemerintah yaitu untuk membantu peserta didik kurang mampu agar tetap bersekolah sehingga terlaksananya pendidikan 12 tahun. Dalam pelaksanaan program KJP di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Hasanuddin terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan terselenggaranya program KJP. Faktor pendukung diantaranya berasal dari orangtua peserta didik yang tepat waktu dalam mengumpulkan berkas, kelengkapan berkas juga sangat mendukung sekolah dalam melakukan pendataan dan penginputan berkas calon penerima KJP secara efektif tepat waktu. Diharapkan berkas pendataan harus lengkap yang meliputi surat permohonan bantuan biaya personal pendidikan, surat ketaatan penggunaan dana KJP, surat pernyataan orangtua peserta didik, surat rekomendasi kepala satuan pendidkan, dan berita acara tinjauan lapangan. Hal yang penting lainnya adalah kunjungan/visitasi ke lapangan yang dilakukan walikelas kerumah peserta didik calon penerima KJP.