Abstrak  Kembali
ABSTRAK Mochamad Wahyudi, Pengaruh Kompetensi Dosen dan Budaya Organisasi terhadap Mutu Layanan Akademik pada Kampus Bina Sarana Informatika (BSI). Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2012. Tesis ini bertujuan untuk membuat kajian atau penelitian mengenai: 1). Apakah terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap mutu layanan akademik, 2). Apakah terdapat pengaruh langsung budaya organisasi dengan mutu layanan akademik dan 3). Apakah terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap budaya organisasi. Hipotesis yang diuji adalah: 1). Terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap mutu layanan akademik, 2). Terdapat pengaruh langsung budaya organisasi dengan mutu layanan akademik dan 3). Terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap budaya organisasi. Metode penelitian ini adalah survei kausal dengan menggunakan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen yang ada pada perguruan tinggi dilingkungan Bina Sarana Informatika (BSI) yang berjumlah 3.169 orang dengan sample penelitian sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan data untuk variabel Kompetensi Dosen (X1), Budaya Organisasi (X2) dan Mutu Layanan Akademik (X3) menggunakan kuesioner model Skala Likert. Untuk melihat validitas setiap butir kuesioner menggunakan Formula Product Moment. Analisis Reliabilitas untuk variabel X1, X2 dan X3 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar r = 0,767 dan untuk variabel X2 sebesar r = 0,792 dan X3 sebesar r = 0,808. Data dianalisis dengan dianalisis deskriptif dan dianalisis inferensial. Analisis deskriptif terdiri atas penyajian data dengan histogram, perhitungan mean, modus, simpangan baku, dan rentang teoritik. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan Uji Lilliefors dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan pengujian homogenitas menggunakan Uji Bartlett. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis meliputi pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Korelasi dan Regresi Linear Sederhana, sedangkan pada hipotesis ketiga menggunakan Analisis Korelasi dan Regresi Linear Ganda. Uji Keberartian menggunakan Uji t dan Uji F pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap mutu layanan akademik dengan persamaan regresi linier X3 = 15,51 + 0,81X1, koefisien rx31 = 0,037, pada taraf ? = 0,05 dan p analisis 0,22. Kedua terdapat pengaruh langsung budaya organisasi dengan mutu layanan akademik dengan persamaan regresi linier X3 = 31,74 + 0,63X2 dan koefisien rx32 = 0,037, pada taraf ? = 0,05 dan p analisis 0,063. Ketiga terdapat pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap budaya organisasi dengan persamaan regresi X2 = 29,19 + 0,77X1 dan koefisien rx21 = 0,036, pada taraf ? = 0,05 dan p analisis 0,77. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk memperbaiki kompetensi dosen dan budaya organisasi agar tercipta suatu kondisi kerja yang dinamis, sehingga dapat memperbaiki kualitas mutu layanan akademik pada Kampus BSI, pada akhirnya diharapkan dapat memperbaiki kualitas pendidikan secara menyeluruh.