Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hubungan antara
kemampuan mengembangkan paragraf narasi dan sikap terhadap bahasa Indonesia
dengan keterampilan menulis cerita anak. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat
hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan
keterampilan menulis cerita anak (2) terdapat hubungan positif antara sikap
terhadap bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak (3) terdapat
hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf dan sikap terhadap
bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Azhari Lebak Bulus yang berjumlah 50 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 44 siswa dengan teknik simple random sampling.Teknik pengambilan data untuk variabel
kemmapuan mengembangkan paragraf narasi (X1) dan variabel ketrampilan
menulis cerita anak (Y) menggunakan tes menulis, sedangkan variabel sikap
terhadap bahasa Indonesia (X2) menggunakan angket model skala Likert. Analisis
reliabilitas untuk variabel X1 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach 2
(untuk karya tulis), sedangkan perhitungan untuk variabel X2 menggunakan KR
21. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan terdapat hubungan positif antara
kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan keterampilan menulis cerita
anak. persamaan regresi linier Ŷ = 20.780 +0,735X1 thitung = 6.489 dengan tabel =
1,68, koefiesien korelasi rxy = 0,708 dan Fhit (Fchange) = 42.105 dengan demikian
korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1) keterampilan menulis
cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap bahasa
Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak. Persamaan regresi linier Ŷ =
76.604 +0,30X2. Dari hasil analisis diperoleh, thitung = I,68 dengan tabel = 1,68,
koefiesien korelasi (rxy) = 0,569 dan Fhitung 1.750 dengan demikian korelasi antara
sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) keterampilan menulis cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan
paragraf narasi (X1) dan sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y). Persamaan regresi linier Ŷ = 13,102 + 0,745X1+ 101X2, thitung = 6.489 dengan harga Fhitung 21.329, koefisien korelasi (rxy) = 0, 714 dan Fhit (Fchange) = 21.329 dengan demikian terdapat korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1), sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y).
|