ABSTRAK HARDRIYATI. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Keinovatifan Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan keinovatifan guru dengan kinerja guru, dengan hipotesis: pertama, terdapat hubungan yang positif antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Kedua, terdapat hubungan positif antara Keinovatifan Guru dengan Kinerja Guru Ketiga, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah dan Keinovatifan Guru terhadap Kinerja Guru Delapan sekolah dipilih secara random sebagai tempat melakukan penelitian dari 16 sekolah yang ada di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey kausal dengan populasi yang terdiri dari 749 orang guru SMP Negeri dan dengan teknik multi stage random sampling diperoleh sampel sebanyak 88 orang dan kemudian ditetapkan secara proporsional untuk masing-masing sekolah.Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket model skala Likert dengan skala 1-5 dan instrument telah dikalibrasi kepada 30 orang guru pada salah satu SMP Negeri yang dipilih di kecamatan Duren sawit untuk menentukan tingkat validitas dan reliabilitas dari butir pernyataan.Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh hasil untuk masing-masing hipotesis, bahwa, pertama, terdapat hubungan yang positif antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru dengan koefisien korelasi 0.268 dan koefisien determinasi sebesar 0,072 serta persamaan regresi ? = 138.491 + 0.118 X1. Hal ini berarti bahwa 7,2 % Kinerja Guru dapat dijelaskan oleh faktor gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah. Kedua, terdapat hubungan positif antara Keinovatifan Guru dengan Kinerja Guru dengan koefisien korelasi 0,686 dan koefisien determinasi sebesar 0,471 serta persamaan regresi ? = 62,96 + 0.605 X2. Dapat diterjemahkan bahwa 47,1% Kinerja guru dapat dijelaskan oleh faktor Keinovatifan Guru. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah dan Keinovatifan Guru terhadap Kinerja Guru dengan koefisien determinasi 0,474 dan persamaan regresi ? = 61.565 + 0.026X1 + 0.589X2. Hal ini dapat diartikan bahwa 47,4% Kinerja guru berkaitan dengan faktor gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dan Keinovatifan Guru, sedangkan sisanya 52,6% ditentukan oleh faktor yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Guru memiliki hubungan positif dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Keinovatifan Guru . Hubungan yang lebih kuat ditunjukkan antara Keinovatifan Guru dengan Kinerja Guru.
|