Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji hubungan antara konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah statistika mahasiswa STIS Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta dengan metode penelitian Survey menggunakan analisis regresi dan dan korelasi linier ganda. Responden penelitian ini adalah mahasiswa STIS Tingkat II Angkatan 56 yang berjumlah 130 orang, dipilih berdasarkan teknik acak proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil prestasi belajar mata kuliah statistika menggunakan skor dengan skala 0-100, dan untuk konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan digunakan skala Likert dengan skor mulai dari 1 sampai dengan 5. Instrumen prestasi belajar mata kuliah statistika divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biseral dan realibiltas dengan rumus KR-20. Instrumen konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan realibilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach.