Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh evaluasi formatif dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Administrasi Jakarta Utara. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MAN 21 Jakarta sebanyak 178 siswa dan sampel sebanyak 73 siswa kelas X MA Negeri 21 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diberikan evaluasi formatif bentuk tes uraian dengan kelompok siswa yang diberikan evaluasi formatif bentuk tes pilihan ganda dengan Fhitung = 15.573 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikansi ∝ = 0.05, 2) terdapat pengaruh interaksi antara evaluasi formatif dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa dengan Fhitung = 65.612 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikansi ∝ = 0.05, 3) terdapat perbedaan antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi setelah diberikan evaluasi formatif bentuk tes uraian dan evaluasi formatif bentuk tes pilihan ganda dengan Qhitung = 12.05 > Qtabel = 3.77 pada taraf signifikansi ∝ = 0.05, 4) terdapat perbedaan antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah setelah diberikan evaluasi formatif bentuk tes uraian dan evaluasi formatif bentuk tes pilihan ganda dengan Qhitung = 4.05 > Qtabel = 3.77 pada taraf signifikansi ∝ = 0.05.