Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: 1) konteks (context) Implementasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada aspek kondisi lingkungan yang mendukung meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan; 2) Masukan (input) Prakerin yang meliputi, (a) ketersediaan sarana dan prasana,(b) sumber daya manusia,(c) karakteristik peserta didik; (d) perencanaan prakerin; dan (e) panitia prakerin 3) proses (process) membahas pelaksanaan program prakerin; dan 4) produk (product) yaitu hasil praktik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 6 Jakarta, pada paket keahlian Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluative model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, du/di, guru dan siswa kelas XI jurusan Akuntansi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:1) Evaluasi terhadap konteks (context) pada Implementasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada aspek kondisi lingkungan yang mendukung tergolong tinggi, aspek ini meliputi: (a) Visi Misi Sekolah, (b) kerjasama dengan DU/DI, dan (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan prakerin; 2) Evaluasi terhadap masukan (input) program prakerin tergolong sangat tinggi. Aspek input terdiri dari: (a) ketersediaan sarana dan prasana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik; (d) perencanaan prakerin; dan (e) panitia prakerin; 3) Evaluasi terhadap proses (process) tergolong tinggi, aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program Prakerin; dan 4) Evaluasi terhadap produk (product) tergolong sangat tinggi aspek yang dinilai yaitu hasil praktik peserta didik (penilaian).