Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program bank sampah dalam rangka mengembangkan pendidikan karakter di SDN Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Jakarta Timur. Menggunakan metode kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisa data menggunakan model alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) baik, karena adanya dasar hukum, relevansi kurikulum, dan kesesuai tujuan program. (2) evaluasi input (masukan) cukup baik, dikarenakan karakteristik/minat peserta antusias, mendukung kegiatan, metode yang digunakan sesuai, sarana prasarana mendukung kegiatan program, dan pengelolaan dana anggaran program yang baik, kualifikasi petugas baik. (3) evaluasi process (proses) baik, karena kelengkapan administrasi, evaluasi dilakukan secara menyeluruh baik evaluasi anggota, petugas, pengepul dan pembagian tugas bank sampah. (4) evaluasi product (produk) baik, karena anggota bank sampah dapat merasakan manfaat dari nilai ekonomis program bank sampah, dapat memproduksi barang-barang daur ulang bernilai seni dan nilai praktis, serta mengubah mind set warga sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter. Hasil evaluasi program bank sampah‟Cempaka‟ SDN Kelapa Dua Wetan 06 Pagi secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih perlu peningkatan terkait ijasah petugas/pengurus bank sampah belum sesuai spesifikasi yang ditentukan guna meningkatkan pelayanan prima dan professional.