Abstrak  Kembali
Penelitian ini merupakan analisa penelitian mengenai analisis hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Kabupaten Serang Dan Rumah Sakit Umum Kota Cilegon Provinsi Banten Tahun 2009. Desain penelitian adalah cross sectional. Analisa data yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III. Metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah seluruh pasien yang dirawat inap kelas III di RSUD Kabupaten Serang dan RSUD Kota Cilegon Tahun 2009, dengan kriteria dirawat lebih dari 3 (tiga) hari. Keseluruhan sampel yaitu 60 responden dengan memenuhi kriteria restriksi. Hasil Uji statistik menunjukkan bahwa mutu pelayanan keperawatan di RSUD Kabupaten Serang yang menyatakan baik (50,0%), yang tidak baik (50,0%). (2) jaminan mutu pelayanan keperawatan di RSUD Kota Cilegon yang menyatakan baik (50,0%), yang tidak baik (50,0%). (3) tingkat kepuasan pasien di RSUD Kabupaten Serang yang menyatakan puas (53,3%), yang tidak puas (46,7%). (4) tingkat kepuasan pasien di RSUD Kota Cilegon yang menyatakan puas (40,0%), yang tidak puas (60,0%). (5) ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di RSUD Kabupaten Serang. (6) ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di RSUD Kota Cilegon. (7) tidak ada perbedaan yang bermakna rata-rata tingkat kepuasan pasien di RSUD Kabupaten Serang dengan RSUD Kota Cilegon. Pelayanan keperawatan di RSUD Kabupaten Serang yang belum memenuhi kepuasan pasien sehingga responden menyatakan tidak puas.ada hubungan yang bermakna antara Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien (responsiveness) ada hubungan yang bermakna antara Jaminan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien (assurance). Hasil penelitian disimpulkan sbb.: (1) Diharapkan manajemen RSUD Kabupaten Serang dan RSUD Kota Cilegon untuk terus meningkatkan aspek-aspek yang menjadi prioritas penting bagi pasien. Perlu ditingkatkannya kesigapan perawat dalam melaksanakan tindakan keperawatan, dan agar lebih teliti lagi melihat apa yang menjadi kebutuhan pasien.