Abstrak  Kembali
ABSTRAK Sabar Manulang. Hubungan Antara Efektivitas Kepemimpinan dan Profesionalitas Guru Dengan Kualitas Pelayanan Sekolah di Kabupaten Bekasi. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara Efektivitas Kepemimpinan dengan Kualitas Pelayanan Sekolah, (2) Hubungan antara Profesionalitas Guru dengan Kualitas Pelayanan Sekolah, (3) Hubungan antara Efektivitas Kepemimpinan dan Profesionalitas Guru secara bersama-sama dengan Kualitas Pelayanan Sekolah. Penelitian ini dilakukan pada SMK Abdi Negara, SMK Bina Prestasi, SMK An-Nadwah, dan SMK Negeri 1 Cikarang selatan di Kabupaten Bekasi. Dengan jumlah populasi guru seluruhnya adalah 96 orang. Selanjutnya penulis menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel, sehingga jumlah sampel yang akan dijadikan sebagai responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 77 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket untuk tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas (independen) yaitu Efektivitas Kepemimpinan dan Profesionalitas Guru dan satu variabel terikat (dependen) yaitu Kualitas Pelayanan Sekolah. Hasil analisis mengungkapkan bahwa: Pertama Terdapat hubungan positif antara Efektivitas Kepemimpinan (X1) dengan Kualitas Pelayanan Sekolah (Y). hubungannya dinyatakan positif dengan hasil pengujiannya yaitu bahwa koefisien korelasi ( ry1) = 0,5159 dengan dilakukan uji t maka dapat diperoleh thitung sebesar 5,22 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1,66 (dk 75 pada taraf kesalahan ? = 0,05%). Hubungan dinyatakan signifikan dapat dinyatakan dengan persamaan regresi ? = 54,52 + 0,49 X1, artinya bahwa setiap kenaikan satu unit variabel efektifitas kepemimpinan (X1) maka akan diikuti oleh kenaikan satu unit pada variabel kualitas pelayanan sekolah (Y) sebesar 0,49 unit pada konstan 54,52. Sumbangan variabel X1 terhadap variabel Y dapat dinyatakan dengan koefisien determinasi sebesar 0,26,62 artinya bahwa 26,62% Kualitas Pelayanan Sekolah dipengaruhi oleh Efektivitas Kepemimpinan sisanya 73,38% ditentukan oleh variable lain. Kedua Terdapat hubungan positif antara Profesionalitas Guru (X2) dengan Kualitas Pelayanan Sekolah (Y). hubungannya dinyatakan positif dengan hasil pengujiannya yaitu bahwa koefisien korelasi ( ry2) = 0,3914 dengan dilakukan uji t maka dapat diperoleh thitung sebesar 3,6835 > ttabel = 1,66 (dk 75 pada taraf kesalahan ? = 0,05%). Hubungan dinyatakan signifikan dapat dinyatakan dengan persamaan regresi ?=65,91+0,36X2, artinya bahwa setiap kenaikan satu unit variable Profesionalitas Guru (X2) maka akan diikuti oleh kenaikan satu unit pada variable kualitas pelayanan sekolah (Y) sebesar 0,36 unit pada konstan 65,91. Sumbangan variabel X2 terhadap variabel Y dapat dinyatakan dengan koefisien determinasi sebesar 0,1532 artinya bahwa 15,32% Kualitas Pelayanan Sekolah dipengaruhi oleh Profesionalitas Guru sisanya 84,68% ditentukan oleh variable lain. Ketiga Terdapat hubungan positif antara Efektivitas Kepemimpinan (X1) dan Profesionalitas Guru (X2) secara bersama-sama dengan Kualitas Pelayanan Sekolah (Y) hubungannya dinyatakan positif dengan hasil pengujiannya yaitu bahwa koefisien korelasi ( R2y12) = 0,5534 dengan dilakukan uji F maka dapat diperoleh thitung = 16,29>Ftabel = 3,11 (dk pembilang 2 dan dk penyebut 94 pada taraf kesalahan ? = 0,05%). Hubungan dinyatakan signifikan dapat dinyatakan dengan persamaan regresi ? = 38,76 + 0,41 X1 + 0,20 X2, artinya bahwa setiap kenaikan satu unit variabel Efektifitas kepemimpinan (X1) dan variable Profesionalitas Guru (X2) maka akan diikuti oleh kenaikan skor satu unit pada variabel kualitas pelayanan sekolah (Y) sebesar 0,61 unit pada konstan 38,76. Sumbangan variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y dapat dinyatakan dengan koefisien determinasi sebesar 0,3062 artinya bahwa 30,62% Kualitas Pelayanan Sekolah dipengaruhi oleh Efektifitas kepemimpinan dan Profesionalitas Guru secara bersama-sama . sisanya 69,38% ditentukan oleh variable lain yang tidak diteliti.