Abstrak  Kembali
Penelitian dilaksanakan di SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh minat terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif, (2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif, (3) pengaruh minat terhadap kedisiplinan siswa. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif minat terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif, (2) terdapat pengaruh langsung positif kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif, (3) terdapat pengaruh langsung positif minat terhadap kedisiplinan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi yang berjumlah 234 siswa, yang dipakai untuk ujicoba instrumen sebanyak 40 siswa dan sampelnya berjumlah 146 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda, dan hasil diperoleh dengan KR-20 adalah r11 = 0,838. Variabel minat menggunakan kuesioner model skala Likert, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan hasil r11 = 0,803, sedangkan variabel kedisiplinan siswa menggunakan kuesioner model skala Likert, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan hasil r11 = 0,872. Data dianalisis dengan statistik Path Analysis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif minat terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif. Minat siswa yang tinggi akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih tinggi pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif, sehingga dengan minat yang tinggi akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, tidak terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif minat terhadap kedisiplinan siswa, dengan demikian minat siswa yang tinggi maka kedisiplinan siswa akan lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk perbaikan mutu pendidikan.