ABSTRAK Yayah. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhmmadiyah Prof. DR. Hamka, 2012. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan komunikasi internasional dengan disiplin kerja guru di SMP Negeri di kecamatan Duren Sawit. Populasi targetnya adalah seluruh guru SMP Negeri di kecamatan Duren Sawit yang tersebar di 16 sekolah dengan jumlah 704 orang. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik multi stage random sampling diperoleh sebanyak 88 orang dan kemudian ditetapkan secara proporsional untuk masing-masing sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan angket berupa butir pernyataan/ pertanyaan. Instrument yang digunakan untuk menjaring data dari variable disiplin kerja guru (Y), keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) komunikasi interpersonal (X2) manggunakan kuis model skala Likert dengan 5 kategori jawaban. Tingkat validitas instrument dihitung dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dan tingkat reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa: pertama terdapat hubungan yang positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan disiplin kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6832 dan persamaan regresi ? = 47,79 + 0,58 X1. Hal ini berarti rata-rata perubahan satu unit skor keterampilan manajerial kepala sekolah akan selalu diikuti oleh perubahan satu unit skor disiplin kerja guru sebesar 0,58 pada konstanta 47,79. Kedua, terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan disiplin kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,9002 dan persamaan regresi ? = 10,12 + 0,93 X2 maka persamaan ini memberikan informasi bahwa rata-rata perubahan satu skor unit komunikasi interpersonal akan diikuti oleh perubahan satu unit skor disiplin kerja guru. Ketiga, terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru dengan koefisien 0,8304 dan persamaan regresi ? = 5,12 + 0,17 X1 + 0,80 X2. Hal ini berarti bahwa sumbangan keterampilan manajerial kepala sekolah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama sebesar 83,04% sedangkan selebihnya 16,96% lainnya dipebgaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.
|